ManEvny - Pejuang Cinta Level Radikal

KESERUAN LDK KAMPUS


Tau LDK ? itu singkatan dari Latihan Dasar Kepemimpinan. Mahasiswa pasti tau dan mengikuti kegiakan tersebut, kalo di prody kami sih diwajibkan karena ini prody yang baru muncul setelah 3 tahun di universitas terdcintah(kayanya, aku ga inget inget banget hueheh) dengan mengikuti LDK ini aku sudah resmi jadi anggota Hima Tekkan yaitu singkatan dari Himpunan mahasiswan Teknologi pendidikan. Kalo gapaham bisa nanya dikomentar.


Ntah kenapa aku sangat menanti-nantikan kegiatan ini, karna kata kaka ku nanti kegiatan nya bakal menegangkan, bakal dibagi perkelompok dan bisa tidur bareng cewe. Nah itulah yang membuatku pengen banget kegiatan ini cepet cepet mulai wueheh (jangan ditiru, jorok sekali bukan, kurang jorok apa lagi aku ini). Tapi tenang, ternyata tidurnya ngga bareng cewe, khusus satu tenda satu jenis kelamin gaboleh gabung.

Seminggu sebelum keberangkatan LDK kami satu kelas angkatan 2016 harus mengikuti TM dulu dengan ketua dan panitia pelaksana kegiatan ini, ya seperti kaka kelas gitu ngasih tau apa aja yang harus dibawa ketempat kegiatan nanti. Berhubung kegiatan kami ini diluar kampus dan harus menginap, pastinya banyak yang harus disiapkan seperti baju ganti masing masing, bahan pangan untuk 3 hari dan lain-lain. Sekaligus kaka panitia juga melakukan pembagian kelompok, kelas kami memiliki 48 orang jadi dibagi 5 kelompik, masing masing kelompok berkisar 10 orang. aku punya kelompok yang beranggotakan aku, Habibi, Huda, Danah, Hana Novi, Fahmi, Yanto, Arif dan Nawani. Syukur lagi kami sudah saling akrab satu sama lain, jadi enak. Kalo kata temen temen ku dari prody lain yang sudah ngerasain Ldk ini katanya seperti Ospek ke 2, tapi lebih sakit yang ini katanya. aku sih woles.

Hari yang ditunggu tunggu pun akhirnya tiba, hari dimana kegiatan ldk itu diadakan, kami pagi pagi sudah berkumpul dikampus untuk menerima materi.

Day 1

Pagi hari sebelum kegiatan untuk menerima materi, kami masih sempat bercanda ria didalam aula, sebenarnya sampai penyampaian materi selesai juga kami masih bisa bercanda ria. Saat penyampaian materi sih suasananya santai gitu seperti dikelas biasanya, kaka kaka panitia nya masih senyum senyum dan narasumber yang cantiknya nauzubillah astaga. Sumpah aku gaboong, cantik banget, baru pertama kali aku liat cewe cantik kaya gini dari dekat, biasanya cuma dilayar kaca hp aja.

Sudah cantik beliau juga banyak memiliki prestasi, terlihat dari jabatan pada biodata yang ditampilkan didepan kami, panjang banget aku aja malas merhatiin, kan aku merhatiin mba nya dari tadi.

Sepanjang penyampaian materi dengan senangnya aku memperhatikan, bukan memperhatika pegangan hidup itu, tapi aku memperhatikan materinya, sangat bermanfaat untuk mahasiswa baru macam aku ini untuk lebih bisa tidak gugup saat melakukan presentasi wuehehe aku sangat gugupan orang nya, megang mic aja bergetar kaya vibrator.

Selesai kegiatan penyampaian materi nya, kami pun langsung berangkat ke Tambang Ulang, tempat dimana kami akan mengadakan kegiatan selanjutnya yaitu ldk nya itu sendiri. Diperjalanan aku sudah membayangkan keseruan yang akan terjadi disana, mungkin aku bisa selfie bareng teman teman satu kelompokku, tapi itu ekspektasi yang sangat jauh sekali dari realita yang aku hadapi //sedih

Kami pun tiba ditempat tujuan, yaitu lapangan terbuka dibawah gunung, seperti dibukit, karna tanah nya miring terus rumputnya banyak, mungkin akan jadi tempat rekreasi yang menyenangkan kalau berlibur kesini, tapi kami kesini bukan untuk liburan, disini untuk latihan kepemimpinan. Kami sudah disambut oleh kaka panitia yang sudah lama menunggu kedatangan kami. Disinilah dimulai perasaan kesal letih dan ingin pulang kerumah timbul wueehehe.

Mulanya kami disuruh untuk berbasi dulu, saat berbaris itu pun kaka panitia sudah marah marah, lalu habis itu kakanya memeriksa perlengkapan atribut kami, ya seperti yang dibilang, ini seperti ospek kedua, jadi juga menggunakan atribut yang sudah ditentukan kaka panitia. Dan baru aja nyampe kelompokku yang laki lakinya sudah melakukan kesalahan, kami salah warna tali peluit yang seharus nya warna kuning cerah, kami malah beli yang kuning ke oranye oranyean. ada lagi sih teman yg beda kelompok yang salah dalam atribut nya, kami dihukum push up dan memasang kuda kuda lama banget. sumpah, ini kami baru nyampe belum pemanasan T.T baru nyampe aja kaki sudah pegel. Tapi ini hanya permulaan, hari berikutnya bakal jauh lebih sakit dari ini.

Kami diberi atribut tambahan yaitu gelang, aku dapet gelang warna merah, artinya tidak mempunyai penyakit apapun, teman ku ada yang mendapat gelang warna biru, artinya mempunyai penyakit parah, dan hijau yang artinya tidak memiliki penyakit parah, cuma penyakit ringan (kira kira begitu, maaf kalo keliru wuhehehe)

Setelah itu kami diperintah untuk membangun tenda kami sendiri, yang laki laki membangun tenda 16 orang dan sisnya cowo cewe memasak untuk makan malam, tenda harus jadi selama 2 jam, aku masuk tim yang masang tenda, padahal aku gapernah ada pengalaman pramuka, ya ngebantu sebisanya lah.

Tenda beres, makanan sudah matang, dan hari pun sudah gelap, sehabis sholat magrib kami makan dulu, enak bisa makan bersama 1 kelas walau lauknya seadanya, kesan nya waktu pertama kali makan begitu asik, dan nasi nya rasa beras. belum mateng astagah.

Makan nya diatas terpal gede yang dibentangkan, memakai kertas nasi yang sudah disiapkan masing masing kelompok, jadi satu kertas nasi itu berdua, bagi dua ciee. Tapi tenang kok, ngga campur cowo cewe, yang pacaran gaboleh sama sama, enak aja, ngga ngehormatin jomblo banget. Aku makan berpasangan dengan teman somplak ku, namanya Habibi. Dia orang nya lucu dan teori nya itu bikin kamu pengen bakar dia hidup hidup. dan kami berdua digosipin homo, ini yang gosipin bajing banget, padahal kami cuma jomblo yang memiliki kesamaan dalam mengejar gebetan, jadi kami terlihat akrab kan pembicaraan nya nyambung. ga kaya mereka yg pacaran mulu. #hidupjomblo #hilangkangosiphomo 

Habibi "chan, kita ngambil yang sedikit aja yeh, aku makan nya dikit"

Aku     "ya oke lah terserah, kita makan nya dipojok aja biar soswit"

Habibi *muka sange "bangsat"

Selesai makan lalu sirine berbunyi, tanda panggilan untuk kami berkumpul, disitu kami disuruh lari lari, dibentak, dihukum lagi.

Habis itu kami disuruh berlari kedekat api unggun yang sudah disiapkan, berbaris lagi, aku sih cuma ngikutin intruksi aja, gapernah ngelawan, selalu nurut, makanya jarang dimarahin wuehehe, temen temen sudah ada yang sakit, yang sakit disuruh untuk tetap ditenda.

Yang paling sulit itu bagiku disuruh merayap, kaya tentara gitu, tapi jangan sampe ketendang temen yang dibelakang, kan kasian. pas ngerayap celanaku melorot mulu sumpah, tapi ngga ada yang sadar, jadi aku curi curi kesempatan buat naikin celana, elah malu banget kalo ketahuan, padahal disampingku kemarin cewe kayanya weueeheheh biarlah.

Setelah merayap rayap, udah kecapean banget, udah mulai berbunyi nafas nya, kami disuruh untuk mengelilingi api unggun, membentuk lingkaran yang bundar, setelah itu kami disuruh duduk.

Disini kakanya ga marah marah lagi, disini salah seorang kaka yaitu emce bercerita, aku lupa dia cerita apa wehehe tapi dia termasuk kaka favoritku loh, lawakan nya segar banget. Sumpah ini moment nya keren banget, duduk melingkar, melihat bintang bintang, bersama teman teman satu kelas, aku sih duduk nya sampingan sama ketua, yaitu huda. kami ngobrol gajelas. 

Udah lama duduknya dan malam semakin larut, kami disuruh untuk berbaris dan menuju tenda, disuruh tidur, karna kata kakanya besok bakal lebih melelahkan dari ini. aku ngambil tempat tidur ditengah tengah, disamping sohib sohib, kami ngga banyak ngobrol lagi selama ditenda karna udah diteriakin disuruh tidur, dan emang badan kami rasanya sakit semua.

Tapi lain halnya dengan teman ku ini, nama nya Azim, dia sendirian asik makan cemilan yang dia bawa, sementara kami tidur semua. Trik keren biar ngga dimintain.

Aku gabisa tidur malam itu, ngedep sana ngadep sini, duduk. pokoknya gabisa tidur. mungkin karna suasana baru gini jadi susah tidur nya, atau karna tangan yang sakit gara gara push up yang kebanyakan.. ak

Tengah malam itu hujan, aku pura pura tidur supaya ga disuruh menyelamatkan sepatu wueheheh aku liat ketua pada sibuk lari lari, dan akupun terlelap.

Day 2

Lagi enak enaknya terlelap eh udah bunyi aja sirine nya, ya gabut lah semuanya nyari sepatu nyari baju, disuruh cepet cepet berbaris nanti dimarahin lagi. aku sih lengkap loh wong aku tidurnya make atribut jadi cuma masang sepatu aja lagi, kalo Azim dia cuma make sendal dan kolor, lari masuk kebarisan, sumpah itu lucu banget.

Dimarah marahin lagi seperti biasa, diperiksa atributnya, kalo hilang bakal dihukum semuanya, karta kami berkeluarga semuanya, tidak boleh ada yang membiarkan satu keluarganya push up sendirian, semuanya harus ikut push up. Dengan begitu kekeluargaan kami bakal lebih erat sakit tangan nya wehehehe.

Hari pun beranjak subuh, sesudah adzan subuh kami dibebaskan, boleh santai di tenda karna cuacanya yang tidak mendukung.

Ada yang ke wc ada yang mandi, ada yang ngegosipin kaka nya, ada yang tidur nyenyak sekali. Aku sih sama Amin sama Habibi nyari wc buat sikat gigi, gaenak juga kan, kemarin malam udah ga sikat gigi, untung aku bawa odol, mereka semua minta odolku. kampret emang.

Sekitar jam 8 kami disuruh ngumpul lagi, tapi bagi yang kuat aja, yang sakit tetap ditenda, kami disuruh lari lari keliling lapangan yang luas, mungkin biar sehat. Yang sedih itu temen ku si Faldy, dia baru aja habis mandi malah disuruh push up, disuruh lari, sama disuruh merayap, alhasil tubuhnya kotor lagi. Kasian banget.

Habis itu kami dibebaskan lagi dan sekitar jam 10 disuruh ngumpul lagi, kali ini ga dimarah marahin kok, kami dikasih materi yang disampaikan oleh ka rara, kaka cantik berkacamata. Disitu kami disuruh untuk mengingat materi, dan bakal berguna untuk hari berikutnya.

Setelah itu kami dibebasin lagi, waktu bebas itu yang paling seru, bisa becandaan, makin akrab sama temen satu kelas, yang dulu dikelas jarang saling sapa di situ jadi saling tukar cemilan, dan ketahuan deh cewe dikelas yang bener bener cantik sama yang cantik karna makeup, ketauan semuanya wehehehe, aku sih gini gini aja. cantik.

Sebelum tengah hari kami disuruh perkelompok untuk membuat pentas seni, kami disuruh untuk membuat drama pendek, pemeran nya ya orang orang dikelompok itu. Kelompokku rencananya membuat drama pentas yang berjudul Anak Sekolahan, ceritanya disebuah sekolah, sehabis libur panjang, masuk hari pertama sekolah ada anak yang nakal, mereka terlambat masuk kelas, dan akhirnya dihukum dan diceramahi oleh guru BP habis itu mereka insyaf dan cerita selesai.

Sebenarnya skenario nya begitu, tapi semua berubah saat dipentaskan, aku aja bingung, anak nakal yang diperankan huda parah banget, sampe mabok sama nyolot sama guru nya, terus kesurupan, emang kacau sih, dan aku ngakaknya itu ngeliat Danah ngelucu, dia ini cantik cantik kalo ngelucu somplak banget.

Danah " Eh liat deh, ini upil ku paling gede hari ini "

Gitu katanya, bangga banget ya punya upil gede.

Setiap kelompok saling bergilir mementaskan drama pendeknya, ada yang lucu banget, bikin baper, dan lucu lagi. Kebanyakan genre nya memang lucu, tapi diakhir cerita pasti ada pesan moral nya kok. ciee pesan moral.

Tengah hari pun tiba, kami dibebasin lagi, aku yang kepanasan didalam tenda lebih memilih duduk sendiri dibawah pohon, enak rasanya, angin nya sepoy sepoy, andaikan rambutku sudah sampai pinggang mungkin bakal ngalahin kecantikan Nabila. 

Sore nya kami kedatangan salah satu dosen, nama beliau Iqbal, biasa kita panggil pak Iqbal karna beliau dosen //sebenarnya ini ngelucu. pak Iqbal ini dosen yang paling favorit bange pokok nya, beliau kalo ngajar make bahasa yang sederhana, jadi cepat dipahami, btw pak Iqbal ini dosen media pebelajaran, dan semester berikutnya bakal mengajar mata kuliah photograpy atau videograpy kalo ga salah, kan itu bidang aku banget.

Beliau nyamperin aku yang lagi fokus duduk melamun di depan mulut tenda.

Pak Iqbal " gimana kegiatan nya lancar ?? "

Chan        " ya gitu pak, lancar"

Pak Iqbal "  gimana ini tendanya, enak kan buat ditiruan "

Chan        " ya alhamdulillah pak, cukup nyaman, udah dianggep rumah sendiri"

Pak Iqbal " ya bagus"

Udah, gitu aja. beliau lalu ketempat lain lagi buat ngecek, dan aku kembali fokus ngelamun.

Sore nya kami diajak main game, walau panas tapi seru kok, game tebak gambar, walaupun di kelompokku ngga ada yang bener, kami nebaknya salah semua. ini kelompoknya beda lagi, orang orang nya di acak, jadi aku males nyebut namanya wueheheh.

Sehabis tebak gambar diadain lagi lomba, lomba tarik tambang yang memakai tali jemuran, sakit banget itu tali. Kelompok yang memenangkan bakal bisa buat ngehukum kelompok yang kalah, dan di Tim ku ada Hendra, aku sih tenang kalau ada dia dilomba tarik tambang, secara kan dia badannya gede banget, banyak daging lagi, enak banget deh kalo dipanggang, bisa ngasih makan warga sekampung. Jadi dia posisinya paling belakang, sisanya ditengah cewe dan aku paling depan. Sumpah, aku ini paling payah kalau urusan adu kekuatan, badan ku ini kurusnya banget, kena angin deres dikit aja kemundur 2 cm, lah ini tarik tambang, musuk kami mana banyak cowo nya gede gede lagi. Aku sih berjuang sebisanya aja dan pada akhirnya aku terbang juga ternyata, melayang setengah meter didepan garis, pengalaman yang patut dibanggakan wuehehe.

Dan parahnya lagi si Hendra ternyata dibelakang kecelakaan, kedua kakinya keram, sumpah serem banget ya kalo orang badan gemuk keram, sakitnya lama, terus kakinya keras banget, untung ada kaka panitia yang jago karate, dia bisa menetralisir sakit nya keram Hendra. Si Hendra nya sambil kesakitan masih bisa ngelawak, lucu sih, tapi aku gaketawa, harus masang muka serius biar dikira simpati. (becanda wueeheh)

Game pun selesai dan kami kembali ketenda, sore sore enak juga, aku berbaring di tengah tengah antara tenda jantan dan tenda betina, melihat awan yang bentuk nya absurd semua, sendirian. //ngenes banget. lalu Hendra datang menghampiri, jadi kami baringan berdua. ciee

Chan " Hen, coba liat itu awan nya bentuk I love You (maksudnya bentuk hati)"

Hendra " lah iya ya *ketawa *dalem hati (dasar homo)"

Chan " Hen coba liat yang itu, bentuk awan nya kaya titit *sambil nunjuk "

Hendra " bajing, eh iya bener wwkwkwk sades"

Kamipun tertawa bersama

Malam pun tiba, malam ini kami ada satu game lagi, yaitu masuk kedalam labirin, buat mencari bendera susuai kelompok kami, karna aku kelompok 7 (kelompok digame tadi) kami disuruh untuk mencari bendera warna kuning, dikelompokku cuma tersisa 4 orang, dua cewe dua cowo, Hendra gabisa ikut karna dia sakit, dia dari hari pertama udah sakit, kasian, gabisa menikmati susahnya menjaga cewe saat menelusuri labirin buat nyari benda laknat, takutnya mereka ini gampang kesurupan, kan repot..

Sehabis itu kami semuanya disuruh tidur, ini tidur nya disuruh cepet, ga kaya malem kemarin yang sampai jam dua belas. Karna semuanya kecapean, langsung pada tidur dah, aku juga tidur malam itu dengan masih memakai atribut lengkap yang tidak dilepas kemanapun aku pergi.


Day 3


Ngiuuueeeeee ngiuueeeee

Bunyi sirine lagi di malam yang sunyi, eaa. 
Aku gatau kami waktu itu dipanggil nya jam berapa, yang jelas masih malam banget, jauh lah dari subuh, masih gelap banget.

Ini lah kegiatan terakhir yaitu jurit malam, kami di suruh berpasang-pasangan cowo cewe untuk berjalan menelusuri hutan buat nyari pos penjaga, cuma dibekali 2 lilin yang harus dijaga supaya tidak mati sambil teriak "MAKRAAB" keras keras.

Kebetulan pasangan ku disini si Sarah, dia seleb kelas, tapi darah tinggian, pemarah banget. untung saja kami cukup kompak.

Ga ada yang spesial sih saat melewati pos satu sampai 4, biasa lah, dihukum, dibentak, disuruh macem macem, aku sudah terbiasa waktu itu, yang lucu itu saat dipos lima, disitu semua yang berpasangan diberentiin, jadi semua pasangan disuruh berdiam disitu, aku peserta yang ke 5 yang baru datang ke pos itu, pas awal awal dateng udah dihukum disuruh nari nari gitu ala the virgin, terus dinyanyiin sama pasangan yang sudah lama datang dipos itu, bikin malu sih, tapi mau gimana lagi, nikmatin wae lah wueheheh

Sehabis itu matahari pun terbit, sudah pagi ternyata, terus kami semuanya disuruh lari lagi ke dekat tenda buat berbaris memanjang, disini suruhan nya parah, disuruh push up 20 kali lebih, sama guling guling ditanah, jauh banget, aku aja ampe pusing, tapi kecil kecil gini badanku kuat weheheh, ntah kenapa pas kegiatan ini aku ga sakit, cuma sakit tangan sama pinggang, bukan demam, padahal ujan ujanan, kecapean, sama gamandi 3 hari.

Sudah puas sama hukuman nya, sekarang para panitia menyampaikan sepatah dua patah kata, dan terakhir mereka menghukum diri buat push up juga seperti peserta. Karna kami satu keluarga jadi semuanya push up, ga ada yang boleh tega meliat keluarganya sakit sendirian.

Dengan begitu kegiatan Ldk pun selesai, dengan perasaan yang lega. Sebelum pulang kami bersih bersih dulu ganti baju, atribut sudah boleh dilepas, pokoknya bebas deh, gakena marah marah lagi, aku aja cuma tidur ditenda habis itu, capek banget.

Sore harinya kami pulang, dan segera kerumah masing masing, aku nyampe rumahnya 10 menit sebelum magrib karna kudu nganter temen temen dulu, kan aku bawa motor, yang lain pada dianter.
habis sampe rumah, sholat magrib, dan tidak sadarkan diri lagi.

Malakerma Teknologi Pendidikan 2016 :*








KESERUAN LDK KAMPUS KESERUAN LDK KAMPUS Reviewed by Man on Januari 19, 2017 Rating: 5

2 komentar:

Komentarmu sangat berarti buat hati saya

Diberdayakan oleh Blogger.