Mwkhi54l4AT71A9SPj2FMDVTdJ7sCX4vtnoXHfCo
Jadi Karyawan Tapi Berbisnis? Siapa Takut!

Iklan 728x90

Jadi Karyawan Tapi Berbisnis? Siapa Takut!

Menjadi seorang karyawan ataupun pegawai negeri sipil yang telah kerja selama beberapa tahun, pasti mengetahui bagaimana sulitnya menjadi seorang karyawan dengan gaji yang pas-pasan. Mayoritas dari karyawan ataupun Pegawai Negeri Sipil, memperoleh gaji sesuai dengan golongan mereka setiap bulannya dengan jumlah yang sama, bahkan lebih sering jumlah yang mereka terima lebih sedikit karena dipotong dengan hutang yang harus dibayarkan. Hal ini menyebabkan banyak karyawan yang ingin mencari pemasukan tambahan, mereka berusaha mencari pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan tanpa harus mengganggu aktivitas utama mereka sebagai seorang karyawan ataupun Pegawai Negeri Sipil. Tetapi tidak sedikit karyawan tersebut yang takut tidak bisa mengelola bisnis yang ingin mereka geluti dengan baik, karena khawatir bisnis tersebut akan mengganggu pekerjaan mereka sebagai seorang karyawan, apalagi untuk karyawan yang telah menduduki posisi cukup keren di sebuah instansi.

Memilih untuk lebih menyibukkan diri dan keluar dari zona nyaman merupakan sebuah pilihan yang sulit dan tidak mudah diambil oleh para karyawan, daripada harus mengundurkan diri dari instansi yang telah membesarkan nama kamu selama beberapa tahun terakhir, akan lebih baik jika kamu memilih mencari bisnis yang bisa dilakukan saat sela-sela waktu kerja kamu. Terdapat 101 Peluang Bisnis Sampingan Bagi Karyawan, bisnis-bisnis tersebut tidak akan mengganggu kewajiban kamu setiap harinya. Tetapi tetap yang harus kamu pertimbangkan adalah, bagaimana kamu bisa membagi waktu seefisien mungkin, sehingga bisnis yang ingin dikembangkan dapat berjalan secara maksimal dan beriringan dengan tugas kamu sebagai karyawan. 

Agar tidak terjadi benturan antara profesi sebagai karyawan dan keinginan untuk berbisnis, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menjadi seorang pebisnis juga seorang karyawan.

Jadi Karyawan Tapi Berbisnis? Siapa Takut!

1. Mulailah Bisnis Dengan Modal Kecil

Memang terdapat 101 Peluang Bisnis Sampingan Bagi Karyawan seperti yang dijelaskan oleh Erick namara dalam bukunya yang diterbitkan pada tahun 2007, tetapi sebagai seorang pemula dalam dunia bisnis jangan langsung memulai bisnis dengan modal besar saat Kamu belum mengetahui seluk beluk dunia bisnis dengan baik. Mulailah berbisnis dengan menyediakan modal kecil dan dapat dilakukan di rumah. Sisihkan gaji kamu setiap bulannya dan menjual beberapa aset pribadi yang tidak akan mengganggu kesejahteraan kamu di masa depan, dan usahakan jangan terlalu berani mengambil resiko dengan meminjam modal berbunga seperti kredit bank, atau menggadaikan BPKB kendaraan, jika Kamu belum yakin 100% bahwa bisnis yang akan dijalankan berhasil. Jangan bingung, karena terdapat 101 Peluang Bisnis Sampingan Bagi Karyawan yang bisa dimulai dengan modal kecil, seperti jualan pulsa, jasa pembayaran rekening listrik, jualan online, dan sebagainya.

2. Adaptasi

Sesuaikan antara bisnis yang kamu pilih dengan pekerjaan yang telah kamu geluti sebelumnya.
Untuk menghindari bentrokan antara posisi kamu sebagai karyawan dan keinginan kamu untuk berbisnis, maka sebaiknya carilah bisnis yang berkaitan dengan profesi kamu sebagai karyawan. Tentu kita memahami seluk-beluk pekerjaan yang telah kita lakoni selama beberapa tahun, cobalah pelajari kembali dan cari peluang bisnis yang sesuai dengan pekerjaan Kamu, buatlah list dari beberapa peluang yang bisa kamu ambil, lalu pilihlah salah satu yang paling sesuai atau cocok dengan posisi kamu. Kenapa tips ini penting bagi seorang karyawan yang ingin memulai bisnis sampingan?. Karena dengan melakukan tips ini, kamu akan semakin enjoy dalam menjalankan bisnis tersebut. Contoh, jika kamu bekerja di perusahaan IT, mulailah untuk membuka jasa pembuatan website, aplikasi, dan berbagai kegiatan lain yang terkait dengan teknologi. Ibarat sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, dengan memilih satu diantara 101 Peluang Bisnis Sampingan Bagi Karyawan tersebut, kamu telah dapat menambah pundi-pundi rupiah yang bergentayangan di rekening kamu.

3. Pilih Bisnis yang Tidak Memakan Banyak Waktu

Sama-sama kita ketahui, bahwa waktu kerja seorang karyawan adalah dari jam 07.00 pagi sampai jam 05.00 sore, bahkan ada karyawan yang harus bekerja dengan durasi waktu yang lebih lama, tetapi tidak sedikit juga karyawan yang hanya bekerja setengah hari. Ketika ingin memulai sebuah bisnis sampingan, kamu juga harus memikirkan waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk melakoni bisnis tersebut. Jangan sampai memilih bisnis yang akan menyita banyak waktu kamu, karena hal tersebut tentu akan mengganggu kegiatan kamu bekerja di sebuah instansi. pintar-pintarlah dalam memanajemen waktu antara urusan kerja dan bisnis, jangan sampai hanya karena bisnis sampingan, kinerja kamu di sebuah instansi menurun dan akhirnya membuat kamu di PHK. 

4. Mengajak Orang Lain Untuk Bekerja Sama

memiliki durasi kerja yang cukup panjang, membuat kamu berpikir bahwa akan mustahil jika kamu memulai sebuah bisnis sampingan yang dapat kamu lakukan setiap hari. Untuk masalah ini juga ada solusinya, ajaklah sahabat atau orang-orang terpercaya yang mempunyai kredibilitas tinggi dan mampu bekerja sama untuk menjalankan bisnis tersebut, dengan bantuan orang itu kamu dapat tetap fokus pada pekerjaan, tetapi juga bisa menjalankan bisnis pada satu waktu. 101 Peluang Bisnis Sampingan Bagi Karyawan, tidaklah harus bisnis yang dikerjakan seorang diri, tidak mengapa jika kamu mengajak keluarga, sahabat, untuk ikut bekerja sama membangun kerajaan bisnis masa depan kamu, selama orang tersebut memang profesional dibidangnya.

Menjadi pegawai negeri sipil atau karyawan yang memiliki sistem kerja yang tetap selama bertahun-tahun, seringkali membuat orang-orang yang berprofesi sebagai karyawan merasa jenuh dan bosan dengan aktivitas mereka sehari-hari. Untuk mengatasi rasa bosan tersebut banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan memulai usaha bisnis sampingan. Kegiatan ini akan membuat kamu semakin kreatif juga bisa menambah pemasukan kamu dan keluarga. Tidak perlu pusing memikirkan jenis bisnis apa yang bisa kamu lakukan, karena terdapat 101 Peluang Bisnis Sampingan Bagi Karyawan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan dan situasi kamu, sesuaikan antara pekerjaan dengan bisnis, serta ajak orang-orang terpercaya kamu untuk ikut bekerja sama membangun kesejahteraan di masa depan.

Baca Juga
SHARE
Man
seorang mahasiswa semester akhir yang suka mengumbar senyum, kemesraan, dan kebucinan bersama kucing. sangat menyukai nasi goreng, kota Bandung, dan kamu.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Subscribe to get free updates

4 komentar

  1. Wah postingan kali ini kok pas bgt ya ama tulisan terbaru ay wk wk.. Sy jg yg cmn bu rt rasanya kepungin kok megang duid dr kwringat swndiri biar suami jg ttp ngasih jth tiap bulan.. Tp hr gn kl ga ada side job mh kurang yaa.. secara smua srba mahall... Bukannya maruk ato apa tp emng butuhhh...

    BalasHapus
  2. bisa siihhh,,, setuju bet aku.... tapi, terkadang kayak aku gini suka ga punya waktu buat startup ginian,,,, kerja jadi karyawan juga sambil kuliah itu merepotkan,, terkadang juga ngeluh karena capeknya bukan main,, huuufftt,,, dasar aku!!

    btw, aku lebih suka template lama kamu,,
    dan btw, mau donk di tambahkan ke list page 'teman'
    hahahhahaha..

    BalasHapus
  3. ini hanya akun tumbal!

    salam dari binuang, kabupaten tapin kalimantan selatan!

    BalasHapus
  4. keren tulisanya kalau ada waktu mungkin bisa berkunjung ninggalin jejak di situs ane

    BalasHapus

Posting Komentar

Komentarmu sangat berarti buat hati saya

Iklan Tengah Post

Iklan 300x250